Peluang Bisnis Rumahan menyediakan artikel tentang bisnis, rumah, dan peluang usaha yang ada di tahun 2014

Rabu, 21 Mei 2014

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Terbaru

Penyebab Kegagalan Wirausaha - Banyak sesungguhnya untuk sebuah faktor penyebab kegagalan wirausaha yang tidak kalah penting dari yang lain adalah minat atau kecocokan wirausahawan dengan usaha yang akan digelutinya. Kecocokan sangat perlu antara wirausahawan dengan usaha yang akan digeluti, inilah yang juga banyak menjatuhkan usaha para wirausahawan. Ketiadaan minat atau kecocokan akan menyebabkan semua yang dilakukan bisa jadi setengah-setangah atau bahkan cenderung malas dalam proses usahanya. Hal yang dilakukan setengah-setangah tidak akan pernah maksimal hasilnya, bisa jadi juga gagal.

Sama halnya dengan berwirausaha, akan tersendat bahkan gagal ketika antara wirausahawan dan usaha yang digelutinya tidak menjadi satu kesatuan. Keduanya tidak akan saling mendukung yang menyebabkan usaha selalu dalam keadaan labil. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya hal ini, antara lain adalah memantapkan hati dan yakin pada usaha yang akan digelutinya.

Penyebab Kegagalan Wirausaha

1. Dana atau modal yang kurang
Dana atau modal merupakan syarat mutlak bagi wirausahawan dalam menjalankan wirausahanya. Kepemilikan modal yang sesuai dengan wirausaha yang akan digelutinya akan sangat memepengaruhi berhasil atau tidaknya proses wirausaha. Semakin banyak modal yang dimiliki akan mempermudah wirausahawan dalam menggeluiti wirausahanya, sedangkan kurangnya modal bisa membuat wirausahawan tersebut gulung tikar atau gagal dalam berwirausaha.

Banyak juga wirausahawan awal yang nekat dengan modal yang sangat sedikit atau mepet langsung terjun dalam dunia wirausaha. Hal ini sangat beresiko apabila dari untung yang didapat tidak menutup modal awal, maka wirausahawan sudah tidak memiliki modal cadangan untuk menutup modal awal yang sudah digelontorkannya. Sedangkan dalam berwirausa diperlukan dana atau modal yang lebih atau dana cadangan, atau setidaknya dalam zona aman apabila diperhitungkan untung yang didapat tidak menutup modal awal. Maka dengan lebihnya dana atau modal cadangan bisa digunakan untuk menutupi kerugian semantara, ingat hanya sementara. Apabila terus-menerus untung tidak pernah bisa menutup modal awal dan modal cadangan maka sudah bisa dipastikan usaha tersebut akan gulung tikar.

Jadi modal awal dan modal cadangan harus diperhitungkan dengan matang supaya tidak terjadi kebangkrutan dalam usaha. Banyak belajar dari wirausahawan-wirausahawan lain yang sudah sarat pengalaman sangat dianjurkan, bagaimana cara mengolah dan mendapatkan dana atau modal dalam berwirausaha.

2. Pengalaman yang kurang dalam berwirausaha
Pengalaman dalam wirausaha sangat beperan penting dalam proses pengembangan usaha yang akan digelutinya. Banyaknya pengalaman yang didapat dari proses wirausaha bisa memperlancar usahanya. Tidak harus bergelut langsung dengan wirausaha di lapangan, banyak membaca informasi di media cetak maupun elektronik bisa juga menambah wawasan dalam berwirausaha. Inilah salah satu cara memperoleh pengalaman dalam berwirausha yang paling mudah bagi wirausahawan awal.

Kebanyakan wirausahawan awal hanya bermodal nekat dalam mengawali usahanya, mengandalkan dana yang melimpah namun kurang memperhatikan pengalaman yang dimilikinya dalam berwirausaha. Inilah yang mematikan, dana ada tanpa pengalaman akan mudah sekali menjatuhkan usaha yang digeluti. Tindakan-tindakan disaat kritis maupun menguntungkan dalam wirausaha jika tanpa penanganan yang tepat pun akan berujung pada sebuah kegagalan.

Contohnya kemampuan teknik mengelola usaha, kemampuan menggambarkan usaha, kemampuan mengkoordinasi usaha, keterampilan untuk mengelola sumber daya manusia yang ada, bahkan kemampuan dalam mengsinkronkan operasionalisasi usaha. Ketrampilan dan kemampuan yang dimiliki seorang wirausahawan harus selalu diasah bila ingin usaha yang dijalankannya maju dan tidak mengalami kegagalan.

3. Perencanaan yang tidak tepat dan matang
Sesuatu yang diawali dengan ketergesaan tidak akan pernah berbuah manis, begitupun dengan berwirausaha. Perencanaan-perencanaan semua harus dipersiapkan dengan matang jika tidak ingin mengalami kegagalan. Pengelolan keuangan, karyawan, alat, barang, bahan dan semua yang berhubungan dengan wirausaha yang digeluti jauh-jauh hari direncanakan dengan sangat matang dan tepat.

Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, apabila suatu rencana gagal maka akan sangat berdampak pada terhambatnya proses usaha. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang wirausahawan untuk membuat sebuah perencanaan yang matang. Salah satu cara yang paling jitu dengan belajar atau mencari tutor wirausahawan lain yang sudah banyak berkecimpung di dunia wirausaha yang mau berbagi pengalaman.

Jadi dalam hal ini perlu kita kaji lebih dalam tentang bagaimana cara yang pas agar kita tidak masuk dalam penyebab kegagalan dalam wirausaha yang sebagaimana telah admin sampaikan diatas. Oleh sebab itu silahkan untuk dipelajari semua ini agar nantinya bisa menjadikan manfaat untuk kita sendiri.

Mungkin hanya ada sedikit artikel tentang kegagalan ini yang dapat admin sampaikan kepada anda semua. Apabila ada salah kata mohon maaf dan silahkan berikan masukan kepada kami.

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Terbaru Diposkan Oleh: Nurul Cahya