Peluang Bisnis Rumahan menyediakan artikel tentang bisnis, rumah, dan peluang usaha yang ada di tahun 2014

Minggu, 01 Juni 2014

Contoh Latar Belakang Usaha Terbaru 2014

Contoh Latar Belakang Usaha untuk melanjutkan yang lalu yaitu Contoh Proposal Usaha bisa anda melihat artikel dibawah ya. Agar anda bisa melengkapi dalam pembuatan sebuah proposal usaha yang ingin anda buat. Semua ada yang berbentuk gambar, karena memang di blogspot tidak menyediakan konten yang bagus untuk membuat sebuah table, harus menggunakan kode planet yang admin tidak mau terlalu lama dalam membuat sebuah postingan.

Untuk itu pada gambar silahkan anda copy atau tulis ulang, jangan malas untuk menulis ya, karena memang seluruh konten yang ada diblog ini adalah tulisan sendiri tanpa copas sana dan sini. Jadi sangat original untuk admin sampaikan kepada anda semua. Berikut untuk lanjutan dari Proposal Usaha yang telah anda baca sebelumnya.

1. LATAR BELAKANG
a. Latar Belakang Usaha
Kurma merupakan salah satu makanan khas dari negara Arab Saudi, di Indonesia sendiri khususnya Jawa banyak ditemukan ketika bulan ramadhan. Kurma biasanya hanya ada di toko oleh-oleh atau pusat perbelanjaan yang besar saja, sehingga setiap harinya orang jarang mengonsumsi kurma karena rasanya yang biasa-biasa saja dan harganya yang mahal.

Dengan pertimbangan diatas dan karena untuk menumbuhkan suatu kreatifitas dikalangan siswa akhirnya kami sepakat untuk menginovasi camilan kurma yang kami beri nama “KURMA KARIKA” dengan harapan selain untuk menghapuskan kesan rasa yang biasa-biasa saja dan juga untuk meningkatkan penjualan karika khususnya di daerah Wonosobo.

Usaha ini belum banyak dikembangakan dikarenakan orang banyak yang belum pernah menginovasikan kurma dengan rasa yang lain salah satunya dengan rasa karika.

b. Rumusan Masalah
Proposal usaha ini ditujukan untuk mengenalkan inovasi baru dari kurma yang awal rasannya biasa saja menjadi rasa yang luar biasa yaitu kurma karika, serta menumbuhkan kreatifitas siswa dan mengembangkan jiwa kewirausahaan khusunya pada tim pelaksana serta masyarakat pada umumnya

c. Tujuan Program
Tujuan dari Proposal usaha ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka pengangguran, menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan dikalangan siswa untuk mendorong terciptanya wirausaha baru. Serta mengoptimalkan peluang usaha dibidang kuliner.

d. Luaran Yang Diharapkan
Target luaran yang ingin dicapai dari proposal usaha ini adalah menciptakan inovasi baru dibidang usaha kuliner sehingga orang akan tertarik untuk memakan kurma dengan rasa yang tidak biasa. Selain itu luaran yang tidak kalah penting yang ingin dicapai yaitu meningkatkan perekonomian di daerah Wonosobo dengan membuka peluang kerja dan terus melakukan inovasi usaha terutamabidang kuliner. Serta dapat meningkatkan, kreatifitas, kemandirian, dan jiwa kewirausahan siswa.

e. Kegunaan Program
Kegunaan Program ini adalahuntuk :
• Memotivasi siswa untuk mengembangkan ide-idenya dalam berinovasi, menambah wawasan dan pengalaman dalam penginovasian kuliner kurma.
• Melatih kemampuan dalam berwirausaha sehingga siswa mampu mendapatkan profit dalam usaha ini.
• Dapat dijadikan usaha berkelanjutan, sehingga siswa bisa mandiri secara financial.

2. ASPEK PASAR
a. Konsumen
Konsumen dari produk ini adalah semua lapisan dan golongan masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan, muda, tua, maupun lanjut usia. Harga produk sangat terjangkau dengan ekonomi masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat untuk dapat menikmati pruduk ini.

b. Pemasaran
Pemasaran yang kami lakukan adalah dengan pemberian informasi secaralangsung dan dengan menyebar selebaran yang dilakukan para personil tim. Selain itu juga melalui :
• Media online
• Promosi di pasar dan masyarakat
• Mambuat toko kecil atau stand

3. ASPEK PRODUKSI
a. Gambaran Umum Rencana Usaha
Produk yang akan dihasilkan dari pelaksanaan program ini yaitu kurma yang kami beri brand KURAKA (Kurma Karika). Produk kurma ini berbeda dengan kurma pada umumnya. Perbedaaan yang dimaksud adalah dengan rasa yang berbeda dan tidak kalah lezat bahkan lebih lezat dari rasa kurma yang biasanya. Nilai gizi yangdikandung oleh KURAKA ini tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan kurma yang sudah beredar di pasaran. Dengan perbedaan rasa tersebut diharapkan akan menambah daya tarik konsumen.

b. Metode Pendekatan
Kegiatan Produksi
- Kegiatan Persiapan
Kegiatan persiapan yang dilakukan meliputi: penyusunan proposal, survei pasar, survei peralatan, survei tempat pemasaran, perencanaan. Kegiatan-kegiatan tersebutdilaksanakan sebagai persiapan sebelum melakukan proses produksi.
- Penyiapan Alat
Alat-alat yang disiapkan adalah panci besar, kompor, plastik, baskom, loyang/nampan, pisau, oven, parut/penggiling, balok talenan, ember, gayung, entong.
- Penyiapan bahan
Bahan-bahan yang disiapkan adalah karika, gula pasir, gula jawa, garam, air.

Tempat dan waktu
Tempat produksi sementara dilakukan di desa Warawiri Selomerto, Wonosobo. Waktu pelaksanaan produksi dilakukan pada hari Jumat-Minggu pukul 08.00 WIB-selesai selama satu bulan. Lokasi ini dipilih karena untuk mempermudah mendapatkan bahan utama.

Jadwal Kegiatan :
Hari Jumat :
08.00–10.00: pengolahan karika menjadi karika bersih yang siap diolah.
10.00–14.00: pengukusan karika sampai berubah warna menjadi kecoklatan setelah dicampur dengan berbagai macam bahan yang lain.
14.00–15.00: karika ditiriskan
Hari Sabtu dan Minggu :
08.00–Selesai: karika dijemur satu sampai dua hari sampai kering dan tidak terlalu banyak mengandung air kemudian di masukan oven selama kurang lebih 5– 0 menit hingga warna lebih coklat lagi dan siap dibungkus.

4. ASPEK SDM
Untuk mencapai tujuan produksi dan pemasaran yang maksimal, maka sebagai tahap awal produksi dan pemasaran KURAKA (Kurma Karika) dilakukan oleh 5-10 orang yang merupakan anggota kelompok. Tenaga kerja diambil dari masyarakat sekitar yang sudah mampu dan layak untuk bekerja.

5. RANCANGAN BIAYA
Produk ini dijual mulai harga Rp25.000,00/kg. Penentuan harga ini berdasarkan pertimbangan harga yang dapat bersaing dengan kurma yang sudah ada di pasaran serta dari proses produksi.

Contoh Latar Belakang
Contoh Latar Belakang


Contoh Latar Belakang Usaha Terbaru 2014 Diposkan Oleh: Nurul Cahya