Peluang Bisnis Rumahan menyediakan artikel tentang bisnis, rumah, dan peluang usaha yang ada di tahun 2014

Minggu, 01 Juni 2014

Contoh Proposal Usaha Terbaru 2014

Contoh Proposal Usaha tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang dewasa saja. Sebagai siswa sekolah, proposal usaha bisa dijadikan sebagai modal. Selain itu bisa juga proposal ini dijadikan sebagai usaha sampingan disela-sela kesibukan bersekolah. Berikut akan dibahas mengenai contoh proposal usaha bagi siswa sekolah.

Usulan Proposal Usaha
Judul Program:
“PEMBUATAN KURMA BERBAHAN DASAR KARIKA DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DENGAN PEMANFAATAN POTENSI PRODUK UNGGULAN DI WONOSOBO”
Diusulkan oleh:
Adit Prakoso
SMA 2 WONOSOBO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Contoh Proposal Usaha Contoh Proposal Usaha
ABSTRAK
Peluang usaha kuliner merupakan jenis usaha yang cukup menjanjikan. Salah satu allternatif kuliner yaitu kurma yang dibuat dari buah karika. Karika merupakan buah khas yang berasal dari daerah pegunungan Dieng kabupaten Wonosobo. Makanan yang biasanya terbuat dari buah kurma asli ini sekarang bisa dibuat menggunakan bahan dasar buah karika, camilan yang mempunyai banyak vitamin dan gizi. Keberadaan usaha kuliner kurma karika ini dimaksudkan untuk membantu peningkatan kebutuhan ekonomi dan memperkenalkan adanya kurma karika di daerah Wonosobo. Permasalahan ini kemudian memunculkan ide akan sebuah peluang usaha.

Dengan memanfaatkan kondisi-kondisi tersebut, dirancanglah sebuah inovasi dalam pembuatan kurma untuk mengenalkan rasa yang berbeda dengan kurma yang biasanya. Produk kurma karika itu kami beri nama KURAKA (kurma karika) yang memberikan keunggulan murah, enak, bergizi dan yang terpenting meiliki rasa yang berbeda dari kurma biasanya.

Usaha ditujukan sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan siswa. Disamping itu, inovasi ini juga dimaksudkan untuk memberikan rasa yang berbeda bagi orang-orang yang ingin menikmati makanan ini. Penginovasian makanan ini akan dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan ekonomi di daerah Wonosobo serta membuka usaha pembuatan produk yang berorientasi sosial dan ekonomi.

Pepaya gunung atau karika sering ditulis carica adalah kerabat pepaya yang menyukai keadaan dataran tinggi basah, 1.500-3.000 meter di atas permukaan laut. Di wilayah Wonosobo tanaman ini biasa disebut Carica, dan di Bali tanaman ini disebut Gedang Memedi. Daerah asalnya adalah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Tanaman pepaya gunung merupakan pohon kecil atau perdu yang tidak berkayu, mirip dengan pepaya biasa tetapi mempunyai cabang yang lebih banyak dan ukuran semua bagian tanaman lebih kecil. Tinggi rata-rata adalah 1-2 meter, bunga jantan memiliki tangkai yang panjang hingga 15cm dan bunga betina berukuran lebih besar dengan tangkai yang keras dan pendek.

Buah pepaya gunung berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang 6-10 cm dan diameter 3-4 cm. Buah matang berbentuk telur sungsang dengan ukuran 6-15 cm x 3-8 cm, dagingnya keras, berwarna kuning-jingga, rasanya agak asam tetapi harum, di sekeliling rongganya terdapat banyak sekali biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih dan berair. Buah yang belum matang memiliki kulit yang berwarna hijau gelap dan akan berubah menjadi kuning setelah matang. Biji buah berwarna hitam dengan jumlah yang banyak dan padat.

Buahnya mengandung getah, dan getah ini akan semakin berkurang dengan semakin mendekati kematangan. Getah ini mengandung papain yang bersifat proteolitik.Pepaya gunung diintroduksi ke Indonesia pada masa menjelang Perang Dunia II oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda, dan berhasil dikembangkan di Dataran Tinggi Dieng. Sekarang "karika" menjadi salah satu buah tangan khas dari daerah itu.

Buah ini cocok dimakan oleh orang yang memiliki perut lemah terhadap buah-buahan karena mempunyai sifat memperbaiki pencernaan. Daging buahnya juga dapat dimakan segar. Di Jawa, buah ini dijual kepada wisatawan, digunakan untuk konsumsi setempat, dan dikalengkan. Di daerah Dieng buah pepaya gunung masih merupakan konsumsi lokal dan dibuat minuman awetan dalam kaleng namun masih dalam jumlah terbatas.
Contoh Proposal Usaha

Pepaya gunung merupakan sumber kalsium, gula, vitamin A dan C. Pepaya gunung mengandung banyak minyak atsiri dan merupakan turunan dari asam lemak. Kebanyakan merupakan senyawa 3-hidroksiester, yang juga ditemukan pada beberapa tanaman tropika lainnya seperti nanas, mangga, dan sawo.

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan segala Rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan proposal usaha ini. Proposal ini berupaya memberikan yang terbaik demi terwujudnya program untuk mengasah kreativitas dan menumbuhkan jiwa wirausaha sekaligus mencoba menciptakan lapangan pekerjaan baru. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada guru dan rekan-rekan siswa yang telah memberikan kritik dan saran sehingga proposal ini dapat terselesaikan.

Tulisan ini kami susun guna untuk pengajuan proposal yang didanai oleh Dinas Pendidikan. Besar harapan kami bahwa proposal ini dapat diterima serta program yang kami buat dapat berjalan dan berkembang ke arah positif dan dapat memberi manfaat yang besar bagi banyak pihak, khususnya kami dan teman-teman siswa dalam kerangka belajar berwirausaha.
Yogyakarta, 13 Desember 2014
Penulis

Apabila sudah sampai disini, maka anda harus melanjutkan kehalaman berikutnya. Karena apabila saya berikan disini pasti akan panjang dan membuat loading menjadi lebih berat. Terlebih untuk anda yang pengguna koneksi tidak begitu bagus, untuk itu silahkan melanjutkan dalam pembuatan proposal usaha ini ke Contoh Latar Belakang Usaha.

Contoh Proposal Usaha Terbaru 2014 Diposkan Oleh: Nurul Cahya